Rabu, 04 Mei 2011

Obat Sakit Hati

Hmmm...banyak cara dan saran dari berbagai psikolog lontarkan untuk mengobati sakit hati kita. Gua menemukan cara tersendiri buat ngobatin sakit hati, ngutip dikit sih dari para psikolog :D


1.       1. Menangislah sepuasnya
   Tarik nafas dalam-dalam, dan. . . . fuuuuuh, 3 kali dan menangislah. Tips: menangislah disamping sahabat atau orang terdekat (mungkin dia bisa membantu meredakan sakit hati), menangislah dengan teriakan beberapa saat.
2.       Cokelat
Makanan yang sering direkomendasikan untuk pereda stress atau gangguan hati lainnya :D. Kandungan zat dalam cokelat dapat membuat mood stabil. Tapi tentunya dengan dosis yg tidak berlebihan (lho?hahah) *efek samping: terlalu banyak, dapat menyebabkan lemak berlebih menumpuk ditubuh*.
3.       Teh
Selain cokelat, aroma teh dapat membuat rileks psikologis kita. Sejenak pergi jalan-jalan ke kebun teh bersama keluarga atau orang-orang terdekat atau menikmati teh seduh praktis dirumah juga disarankan.
4.       Ceritakan kisah sedihmu
Curhatlah kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Luapkan semua perasaan tentang sakit hati yang dirasakan.
5.       Pikirkan kekurangannya
Saat sedang seperti ini, mungkin lebih baik untuk memikirkan keburukan atau kekurangan orang yang bikin sakit hati kita. Hal ini bisa membuat kita untuk melupakan kelebihan atau sesuatu yang indah pada dirinya.
6.       Bernyanyilah sepuas hati
Bernyanyi bisa dilakukan dengan berbagai media. Mulai dari karaoke bersama teman-teman, nge-band, membuat/ciptakan lagu tentang perasaan kita, bernyanyi tanpa nada dengan suara sumbang  yang berisi shout out hati kita juga bisa sedikit melegakan suasana hati yang mumet. Pilihlah lagu yang semangat atau bernuansa scream dan pilih lirik yang membangkitkan semangat untuk hidup *o.O rada lebay juga, yah pokoknya kayak gitu*.
7.       Pilih aktivitas yang menantang
Flying fox bisa jadi alternativ dan beberapa permainan outbond lainnya. Naik ke ketinggian yang bisa membuat kita ngeri untuk melihat kebawah lalu meluncur dari ketinggian tertentu dengan tali pengaman yang dikaitkan pada pengaman yang sudah terpasang ditubuh kita. Lebih seru lagi jika lintasan Flying fox-nya panjang dan hiasi dengan teriakan. ;)
8.       Berdoalah
Berdoa dan bertawakalah kepada Allah SWT. Berserah diri dan memohon pentunjuk kepada-Nya. Membaca  Al-quran/kitab suci juga bisa meredakan emosi dan membuat hati tenang jika dibaca dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Bacalah Al-quran dengan terjemahan agar dapat memahami makna yang terkandung dalam Al-quran.  Hal tersebut dapat mengembalikan pola pikir bahwa kita semua sama, makhluk ciptaan-Nya. Bersabarlah karena buah kesabaran akan lebih manis :).
9. Berpuasa
Kegiatan ini bisa juga untuk membantu meredam amarah/emosi. Bersabar untuk menahan nafsu, selain makan dan minum . Kerjakanlah dengan ikhlas, hal ini tentunya bisa membuat hati lapang. :) 

Mungkin ini aja saran-saran dari gua. Kritik dan saran ditunggu. Thaaanksss ;) :D semoga bermanfaat!!

1 komentar:

  1. Cara ampuh mengatasi Bete karena sakithati
    -- Jangan pikirkan apa yang membuatmu bete/sakithati, tapi ketahuilah bete itu indikasi bahwa pikiran sudah rusak !!
    -- Lampiaskanlah bete itu dengan cara melukai sedikit bagian tubuhmu, hingga rasa bete yang menyakitkan itu berganti dengan rasa perih karena luka yang terjadi pada tubuh, lalu pukuli kaca-kaca rumah hingga pecah dan tanganmu bedarah-darah....
    ....................................SELAMAT MENCOBA........................

    BalasHapus